Ramuan Tradisional Sebagai Obat Batuk Gatal Tenggorokan

Posted on

Di pergantian musim, penyakit yang paling sering menyerang adalah batuk. Ada beberapa jenis batuk yaitu batuk kering, batuk karena flu mau pun batuk berdahak. Dengan mengetahui jenis batuk yang dirasakan maka akan mempengaruhi pemilihan obat batuk gatal tenggorokan yang tepat. Karena tidak semua jenis batuk cocok dengan satu jenis obat.

Biasanya batuk terjadi karena rangsangan yang terjadi pada selaput lendir yang berada di tenggorokan, rangsangan tersebut dapat terjadi karena masuknya kuman, debu mau pun benda asing lainnya. Batuk juga bisa menjadi gejala awal penyakit lainnya jika berlangsung cukup lama.

Obat Batuk Gatal Tenggorokan Tradisional

Jeruk Nipis

Cara termudah yang sering disarankan pada mereka yang sedang batuk adalah meminum air perasan jeruk nipis. Jenis jeruk yang mempunyai rasa asam ini memang ampuh dalam mengatasi batuk yang mengganggu dengan membantu mengeluarkan dahak.

Caranya cukup mudah. Minum campuran air perasan jeruk nipis yang sudah dicampur dengan kecap manis. Jika Anda tidak mempunyai kecap manis atau tidak menyukainya, bahan tersebut bisa digantikan dengan madu. Minum sebanyak dua sampai tiga kali sehari sampai batuk mereda.

Jahe

Selain sangat bermanfaat bagi penghangat tubuh, jahe juga mampu membantu mengurangi gejala batuk berdahak. Salah satu cara menggunakan jahe sebagai obat adalah dengan membuatnya menjadi wedang jahe.

Bersihkan jahe dari tanah yang masih menempel kemudian iris. Rebus irisan jahe bersama dengan air dan tambahkan gula batu. Setelah mendidih, angkat kemudian saring. Minum selagi hangat.

Kencur

Sebagai obat batuk gatal tenggorokan, kencur merupakan salah satu bahan yang paling manjur dan paling mudah penerapannya. Cukup ambil kencur secukupnya, parut kemudian peras airnya. Campur perasan kencur dengan garam dan minum setiap kali batuk mengganggu Anda.

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh atau belimbing sayur ternyata tidak hanya cocok untuk dijadikan penguat rasa pada sayur asam saja, namun juga bisa dijadikan obat batuk. Cukup haluskan sepuluh belimbing wuluh, tambahkan garam dan segelas air. Saring air belimbing wuluh dan minum air perasan tersebut sebanyak dua kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *